August 9, 2022

Gudep 01.019/020

PRIMA BERKARAKTER

Latar Belakang

Pendidikan Kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di sekolah. Kegiatan dilaksanakan melalui Gugus Depan Gerakan Pramuka yang berpangkalan disekolah. Melalui pendidikan Kepramukaan ini dapat dilakukan pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila, pendidikan pendahuluan bela Negara, kepribadian dan budi pekerti luhur, berorientasi, pendidikan kewiraswastaan, kesegaran jasmani dan daya kreasi, persepsi, apresiasi dan kreasi seni.

Gerakan pramuka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di sekolah merupakan tempat pendidikan bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraaan, penuh pendidikan dan dilakukan di luar jam-jam sekolah maupun jam-jam keluarga. Sebagai satu-satunya kegiatan kepanduan, pramuka diharapkan dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik pada sikap yang baik. Sikap baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan santun, rasa cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala pikiran maupun perbuatan, bertaqwa kepada tuhannya, dan segala sikap yang lain. Pendek kata diharapkan anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan janji pramuka.

Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap, dalam gerakan pramuka perlu adanya keseragaman langkah bagi pengelola gerakan pramuka yang tergabung dalam suatu gugus depan. Ada keterkaitan erat antara siswa didik sebagai anggota pramuka, pembina pramuka dan unsur majelis pembimbing gugus depan. Tanpa kerja sama yang baik dari unsur-unsur tersebut rasanya tidak mungkin pramuka berperan aktif dalam pembentukan sikap peserta didik.

Masa sekarang Indonesia, bahkan dunia sedang dalam kondisi Pandemi Covid-19. Segala kegiatan yang mengumpulkan massa harus dikurangi bahkan ditiadakan.Termasuk kegiatan ekstra kurikuler Pramuka di Gugus Depan 01.019 – 01.020 Pangkalan SMP Negeri 2 Salatiga.

Oleh sebab itu untuk penyelarasan dan penyeragaman langkah, dan tetap mamatuhi protokol kesehatan tetap terjaga, perlu disusun suatu program kerja gugus depan yang berisikan segala sesuatu yang dapat mengatur langkah dan gerak dari gugus depan tersebut. Program kerja sebagai rambu-rambu pelakasanaan kegiatan kepanduan di sekolah merupakan acuan yang wajib dilaksa-nakan oleh unsur-unsur pengelola gugus depan tersebut.

Finalis Anugerah Kehumasan Pandu Citraloka

1.Timeline Website

Blog

2. Strtuktur pengelolaan Website

Klik pada link

3.Program Jangka Pendek

Mingguan: Update artikel kategori pengetahuan umum pramuka

Bulanan: Update 1 ebook pada Perpustakaan Digital

Semester: Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler daring melalui LMS dan video meet

4.Program Jangka Panjang

Mengembangkan Kantin Pramuka Online

 

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya admin website